Perbedaan Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental, Mana Lebih Bagus?

Perbedaan Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental

Perbedaan Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental – Sebelum membeli aset Crypto, alangkah baiknya kalian terlebih dahulu mengetahui teknik untuk menganalisanya. Dengan memahami teknik analisa, mungkin kalian bisa sedikit mengantisipasi kerugian ketika mau investasi di Cryptocurrency ataupun saham.

Nah didalam dunia Cryptocurrency atau saham, ada 2 analisa yang dipakai oleh para investor untuk menentukan kapan membeli dan kapan menjual asetnya. Yaitu analisa teknikal dan anasilsa fundamental.

Terus mana yang lebih penting, antara analisa teknikal atau analisa fundamental? Yuk kita bahas dan fahami tentang kedua analisa ini.

Perbedaan Analisa Teknikal dan Analisa Fundamental

1. Analisa Teknikal

Untuk analisa yang pertama adalah analisa Teknikal. Metode ini dilakukan dengan cara melihat pola grafik statistik atau chart pergerakan harga koin crypto.

Baca Juga : 3 Langkah Cara Beli Koin Baby Doge di Hotbit

Untuk analisa teknikal, tidak memperhatikan nilai kualitas atau karakteristik suatu koin crypto, tetapi lebih fokus memantau pergerakan harga yang sudah ada pada chart pengguna. Analisa teknikal biasanya disebut trader, yang melakukan investasi jangka pendek seperti investasi harian.

Para trader yang menerapkan analisa teknikal akan memantau statistik grafik, harga, serta volume perdagangan mata uang crypto dengan menerapkan metode analisa teknikal. Para trader bisa memprediksi arah pergerakan tren harga atau sentimen pasar dan lainnya.

Dasar – Dasar Analisa Teknikal

1. Identifikasi Trend

Identifikasi Trend merupakan sebuah kunci penting dalam analisa teknikal trading crypto. Bagaimana cara mengetahui arah trend ini? biasanya para trader Teknikal akan mengamati pola naik turunnya harga pada chart dasar.

2. Suport dan Resistance

Analisa teknikal yang kedua yaitu Support and Resistance. Support adalah batas terendah yang menjaga harga biar tidak kembali turun, sedangkan Resistance adalah batas tertinggi yang menjaga harga agar tidak naik. Caranya, yaitu dengan mengikuti pola dan perilaku pasar.

Untuk support saat harga menurun, beberapa investor akan ambil kesempatan untuk membeli dengan harapan harganya nanti akan naik. Sedangkan, resistance dipicu oleh banyaknya investor yang menjual aset untuk mendapatkan keuntungan harga sedang tinggi-tingginya.

3. Volume

Untuk yang ketiga adalah volume. sebenarnya kalau kalian hanya fokus pada sebuah trend saja, tidak akan cukup untuk memprediksi peluang harga selanjutnya. Kalian juga perlu memperhatikan volume perdagangan koin crypto tersebut, untuk memastikan kelangsungan sebuah trend tersebut.

Baca Juga : 5 Cara Mendapatkan Koin Crypto Gratis

Contohnya kalau harga saat ini sedang mengalami uptrend, tetapi volume pembeli cenderung melambat. Maka bisa disimpulkan, bahwa kemungkinan sebentar lagi kenaikan harga akan berakhir.

2. Analisa Fundamental

Analisa fundamental adalah analisa berdasarkan kondisi suatu perusahaan, kondisi ekonomi dan industri. Terkait analisa fundamental, biasanya dipakai oleh investor jangka panjang untuk menyaring Project dari koin Crypto, yang termasuk di dalam kategori baik.

Faktor Analisis Aset Crypto Secara Fundamental

  1. Aspek Politik dan Kondisi Suatu Negara
  2. Market Cap Atau Kapitalisasi Pasar
  3. Total Supply dan Jumlah Permintaan Aset
  4. Kondisi Pasar Diluar Crypto atau Peristiwa Besar
  5. Rumor Terhadap Berita Yang Akan Datang Dalam Sebuah Projets
  6. Volume Transaksi Yang Terjadi atau Volume Trading
  7. White Paper
  8. Kenali dan Cari Tahu Developer atau Pembuatnya / Orang Dibelakang Pembuat Projets
  9. Cari Tahu Apakah Crypto Tersebut Sudah di Audit atau belum

Kesimpulan

Lantas antara analisa Teknikal dengan analisa Fundamental mana yang lebih bagus? Untuk mengetahui perkembangan suatu koin Crypto, lebih baik menggunakan kedua alalisa tersebut. Sebab kedua teknik analisa tersebut, memiliki peranan tersendiri untuk perkembangan crypto.

Baca Juga : Mengenal Koin Berylbit dan Masa Depannya

Untuk analisa teknikal, biasanya digunakan untuk menganalisa sebuah crypto dengan jangan pendek. Sedangkan untuk analisa Fundamental, biasanya digunakan oleh para investor untuk koin yang memiliki projects yang sangat bagus.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

x